Thursday, June 9, 2016

ngeBLOG !!!

Senang bisa menemui sahabat-sahabat pembaca blog ini dimanapun berada, bahkan blogger di https://www.facebook.com/bloggerkepri/?fref=ts  senang bisa menulis satu judul lagi hari ini, sekalipun mungkin tidak bermanfaat bagi anda, itulah yang memperkaya blog ini ketika sahabat merasa berbeda maka jangan tunda lagi segera tinggalkan komentarnya.....
Budaya blog merupakan sebuah wadah atau media digital yang sangat bermanfaat bagi setiap kawula muda yang memiliki bakat menulis. Hingga hari ini di era digital saat ini, blog semakin berkembang tidak kalah pesatnya dengan media-media online lainnya yang berbayar. Blog sangatlah baik bagi siapapun yang ingin mengembangkan bakat menulisnya dengan sangat gampang bahkan Domain Blog saat ini FREE alias GRATIS. Tentunya kita sebagai blogger harus tunduk kepada kaidah informasi secara umum, sekalipun blog yang kita punya adalah Blog Pribadi namun, selalu menghormati kaidah-kaidah atau norma-norma yang berlaku seperti, tidak bisa menyinggung siapapun lewat tulisan kita, dan mengganggu ketertiban umum, pastikan apa yang kita tulis tidak mengganggu SARA, RAS dan AGAMA, dan yang lebih kita perhatikan tidak memiliki muatan profokatif. Sebagai informasi saja nih, seperti dilansir oleh http://www.blogodolar.com/5-jenis-blog-yang-sebaiknya-anda-ketahui/  Ada 5 Jenis Blog yang harus kita ketahui ;


1. Blog Pribadi

Blog pribadi adalah blog yang umumnya dibuat hanya untuk sekadar mengisi waktu luang atau berbagi hal-hal dari kehidupan sehari-hari. Blog jenis ini pada dasarnya adalah sebuah catatan online publik sehingga topiknya bisa segala hal. Selain itu, blog pribadi tidak ditujukan untuk menghasilkan uang. Meskipun demikian, pemilik blog jenis ini akan tetap enjoy ngeblog .

2. Blog otoritas (authority blogs)

Blog otoritas adalah blog yang dibuat oleh para blogger serius. Tujuan blog tersebut adalah menjadi ahli di topik yang dibahasnya.
Dari sisi mendapatkan pengunjung, blog otoritas tidak fokus kepada pengunjung dari mesin pencari, namun menggaet pengunjung juga dari social media (Facebook, Twitter, dan Pinterest). Oleh sebab itu, jika pun mesin pencari tidak ada, blog-blog otiritas masih mendapatkan trafik dari sosial media tersebut.
Terkait konten, blog otoritas umumnya tidak mementingkan kata kunci. Tak heran, blog otoritas memublikasikan ratusan hingga ribuan artikel berkualitas karena topik yang mereka bahas tidak sempit (misalnya kesehatan, rumah, pengembangan diri, teknologi, dan lain-lain).
Beberapa contoh blog otoritas adalah:
  • Problogger (blog otoritas seputar dunia ngeblog)
  • TechCrunch (blog otoritas seputar dunia teknologi)

3. Blog Niche

Berbeda dengan blog otoritas, blog niche fokus kepada sebuah kata kunci tertentu yang diupayakan untuk masuk ke halaman satu mesin pencari. Pembuatan blog jenis ini memiliki pola: riset kata kunci, pembuatan konten, dan optimasi di mesin pencari.
Dari sisi pengunjung, blog niche menggantungkan diri kepada pengunjung yang berasal dari mesin pencari (utamanya Google) sehingga biasanya para pemilik blog niche sibuk mencari backlink dari beragam sumber agar blog mereka masuk ke halaman 1 Google untuk kata kunci yang dibidiknya.
Karena hanya menggantungkan pengunjung dari Google, kelemahan terbesar blog niche adalah kehilangan pengunjungnya dalam waktu sekejap jika Google memperbaharui algoritma pencariannya. Anda mungkin pernah mambaca keluhan para pemilik blog niche di forum-forum internet marketing karena blog mereka telempar dari halaman 1 Google akibat Google Panda, Google Penguin, atau penalti manual Google.
Sekarang ini ada banyak debat kusir perihal mana yang lebih baik dalam menghasilkan uang antara blog otoritas dan blog niche. Para fan blog otoritas mengklaim bahwa blog otoritas adalah yang terbaik menghasilkan uang. Begitu juga dengan klaim para “pecinta” blog niche. Namun, dalam pandangan saya, dua-duanya bagus menghasilkan uang sepanjang konten dan backlink-nya berkualitas.

4. Blog Perusahaan

Beberapa tahun belakangan ini banyak perusahaan telah menambahkan sebuah blog pada website mereka. Perusahaan menggunakan blog mereka untuk menginformasikan pengumuman penting, memperkenalkan produk dan atau jasa baru, dan berkomunikasi dengan pelanggan. Oleh karena itu, blog jenis ini umumnya tidak dimonetisasi dengan iklan-iklan pihak ketiga.
Dua contoh yang masuk jenis blog ini adalah The Infolinks Blog dan The Payoneer Blog.

5. Blog spam

Blog spam adalah blog yang dibuat dengan tidak memperhatikan kualitas. Blog jenis ini umumnya berupa blog automatically generated content (AGC) yang bisa dengan mudah dibuat dalam jumlah masif. Pemilik tinggal menggunakan software (biasa juga kode tertentu atau plugin) pengambil konten dari blog atau website orang lain dan blog mereka akan dengan mudah terisi konten.
Walaupun mudah dibuat, blog spam sering mendapat komplain dari pemilik blog yang kontennya diambil karena terjadi pelanggaran hak cipta. Bukan hanya itu, blog jenis ini menjadi sasaran empuk Google dalam membersihkan hasil pencariannya dari konten-konten yang tidak bermutu.
Dengan mengetahui kelima jenis blog di atas, Anda mendapat gambaran tentang blog seperti apa yang hendak Anda buat. Secara probadi, saya baru membuat blog niche dan blog otoritas. Dari sisi bahasa, blog niche saya 100% berbahasa Inggris, sedangkan blog otoritas saya semuanya berbahasa Indonesia (salah satunya blog yang sedang Anda baca ini).
Bagaimana dengan Anda? 
Admin
Semoga Tulisan ini bermanfaat 

5 comments:

  1. template blog nya unik ya pak..dan saat ini saya ngeblog masih sebatas untuk berbagi pengalaman aja, mana tau info yang saya berikan di medsos berguna bagi pembaca

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih bu Sarah Eyie ..... semoga memperkaya informasi bagi pembaca Blog terumatama Blogger Kepri

      Delete
  2. Kunjungan perdana saya ke blog lafo-kofi :D salam kenal ak Lase. Tinggal dimana ya?

    ReplyDelete
  3. Salam kenal pak Santo :)
    Awalnya saya bikin blog niche khusus traveling. Tapi belakangan jadi lebih sering nulis tentang kuliner dsn campur-campur juga hehehe...

    ReplyDelete
  4. Terimakasih banyak kepada ibu @Lina W.Sasmita dan Ibu @Dian Radiata yang sudah meluangkan waktu berkunjung ke Pojok http://lafo-kofi.blogspot.com semoga kehadiran kita bersama memperkaya Informasi di Batam dan Kepri secara keseluruhan, Bravo Blogger Kepri

    ReplyDelete

PERSATUAN dalam PERBEDAAN

Keberagaman merupakan sebuah kekayaan yang dimiliki oleh kita yang sangat majemuk ini. Keberagaman tidak hanya dari Suku, Agama, Ras, Keperc...