Kebanjiran Jurnalisme Warga ~ Huo Huo Lafo Kofi

Tuesday, August 25, 2015

Kebanjiran Jurnalisme Warga

Berbicara jurnalisme warga, sama halnya membicarakan sesuatu di ruang publik. Sejak menjamurnya sosial media, sudah tidak bisa lagi dibendung bagaimana setiap user / pengguna dari sosial media mengemukakan kejadian-kejadian yang terjadi disekitarnya terlepas itu layak tidaknya di tayangkan diruang umum. Ini sebuah perkembangan pesat dari #JurnalismeWarga itu sendiri yang perlu di apresiasi. Hanya saya melihat kebebasan dalam pemberitaan ini perlu adanya pengawasan, hanya dengan judulnya Jurnalisme Warga siapa yang mengawasinya?

Biarlah badan Pers Nasional bisa memilah-milah kebanjiran informasi ini, karena sekarang ini, sangat sulit kita bedakan yang mana pemberitaan yang sifatnya profesional dengan mereka-mereka yang dengan polosnya meng-upload sebuah berita/informasi ke media sosial maupun media online lainnya tanpa melalui proses 5W + 1 H. Dan seketika itu juga menjadi sebuah bacaan yang tayang di ruang-ruang publik. Apakah pemberitaan tersebut sebuah fakta dan kebenaran? Tentunya ia tetapi si penulis bertanggungjawab pada dirinya sendiri dan pembacanya, karena penulis bisa saja bukan seorang jurnalis maupun wartawan salah satu media, namun penulis merupakan masyarakat biasa yang sekedar iseng meng-upload sesuatu atau emang terbiasa meng-update sesuatu di sosial media.

Sebuah perkembangan pesat yang patut di apresiasi oleh insan pers, agar jurnalisme warga bisa menjadi bagian dari Pers yang profesional. Bila dilihat dari kualitas pemberitaan, tidak kalah bermutunya dengan mereka-mereka yang spesialis dalam hal jurnalistik. Kebebasan dalam meng-update sesuatu kejadian di sekitar kita, perlu juga diperhatikan unsur-unsur yang berhubungan dengan konsumsi publik seperti, lokasi kejadian yang jelas, sumber informasi yang jelas, dan foto-foto pendukung dari jurnalisme warga tersebut. Biarlah jurnalisme warga ini akan memperkaya media di tanah air dan juga bisa mendapat perhatian untuk tidak sekedar menjadi amatiran dalam pemberitaan melainkan bisa mendapat kesempatan menjadi orang-orang yang bermanfaat bagi dunia jurnalistik dan bisa menjadi jurnalis profesional kedepan.

Marilah kita menjaga keutuhan NKRI dengan tetap semangat dan menjadikan Jurnalisme Warga sebagai alat untuk saling share informasi kepada seluruh pembaca agar kebanjiran informasi tidak menjadi mubazir namun bisa menjadi konsumsi publik tentunya memiliki nilai dan informasi yang bermanfaat bagi pembacanya.

Tetap semangat, MERDEKA

Ruang Admin

0 comments:

Post a Comment








Check Page Rank of your Web site pages instantly:







This page rank checking tool is powered by PRChecker.info service





TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA DAN TETAP JAYA BLOGGER INDONESIA